CANGGIH! MAHASISWA KKN TIM II UNIVERSITAS DIPONEGORO 2023/2024 CIPTAKAN LAYANAN DIGITAL PEMERINTAH DESA PURBOSARI HANYA DENGAN SEKALI SCAN!

Temanggung (5/8/2024) - Sebagai bentuk pengabdian kepada masyarakat, mahasiswa KKN Tim II Universitas Diponegoro membawa berbagai program kerja untuk diaplikasikan secara nyata di masing-masing wilayah penempatan sesuai dengan rumpun keilmuannya.

 

Untuk mewujudkan good governance, Fiody Aisyah Pradini, mahasiswa KKN Tim II Universitas Diponegoro dari program studi Administrasi Publik membawakan program digitalisasi pada beberapa layanan Pemerintah Desa Purbosari. Seiring perkembangan zaman, sebuah layanan publik dituntut untuk menjawab dan menyelesaikan segala permasalahan masyarakat secara cepat. Hal ini juga telah tertuang dalam pasal 86 Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa yang secara khusus memberikan tanggung jawab kepada seluruh desa di Indonesia untuk aktif menerapkan teknologi informasi sebagai instrumen penting dalam upaya meningkatkan kualitas pembangunan desa.

 

Di Desa Purbosari, pemberian pelayanan publik masih menggunakan prosedur konvensional sehingga cenderung kurang efektif dan efisien karena masyarakat masih harus ‘mondar-mandir’ ke kantor desa. Untuk itu, program digitalisasi pada layanan pemerintah desa menjadi langkah awal yang berpotensi bagi Pemerintah Desa Purbosari sebagai upaya peningkatan kualitas pelayanan publik. 

 

Pada program kerja ini, telah dikembangkan sebuah laman sederhana yang diintegrasikan dengan sebuah tautan dan sistem barcode untuk mempermudah akses berbagai layanan yang disediakan. Dalam laman tersebut berisikan beberapa fitur pelayanan Pemerintah Desa Purbosari. Beberapa layanan tersebut meliputi:

1. Layanan Digital Dokumen Pengantar Nikah

Layanan bagi calon pengantin untuk mengurus dan mendapatkan dokumen pengantar nikah secara online.

2. KADO Purbosari: Kanal Aduan Online Desa Purbosari

Wadah yang disediakan oleh pemerintah desa untuk memudahkan masyarakat menyampaikan keluhan, saran, atau laporan terkait berbagai permasalahan yang terjadi di Desa Purbosari.

3. Survey Kepuasan Masyarakat

Pengumpulan data untuk mengukur tingkat kepuasan masyarakat terhadap pelayanan publik yang diberikan oleh Pemerintah Desa Purbosari. 

 

Layanan Digital Pemerintah Desa Purbosari dapat diakses melalui tautan https://linktr.ee/purbosari4.0 atau scan barcode yang tersedia pada poster.

 

Dalam pelaksanaannya, program ini terbagi atas dua tahap yang meliputi pendampingan kepada perangkat desa dan pemberian edukasi massal kepada masyarakat. Pemberian pendampingan kepada perangkat desa bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada perangkat desa terkait cara mengoperasikan dan mengembangkan program layanan digital pemerintah desa kedepannya. Selain memberikan pemahaman kepada perangkat desa, masyarakat menjadi sasaran lain untuk diberikan edukasi. Hal tersebut bertujuan agar seluruh masyarakat mengetahui akan eksistensi layanan baru yang diinisiasikan mahasiswa KKN sebagai program kerjanya.

 

Keberjalanan program kerja ini tidak lepas dari dukungan penuh dari Pemerintah Desa Purbosari dan seluruh masyarakat. Melalui inovasi ini, diharapkan dapat mempermudah akses pelayanan publik bagi masyarakat Desa Purbosari, serta membantu meringankan pekerjaan perangkat desa dalam melayani masyarakat. Mari bersama-sama membangun desa yang lebih maju dan sejahtera melalui pemanfaatan teknologi informasi.

 

Penulis: Fiody Aisyah Pradini - 14020121120032 | S1 - Administrasi Publik, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Diponegoro

DPL: Pangi, S.T., M.T.

Lokasi: Desa Purbosari, Kecamatan Ngadirejo, Kabupaten Temanggung

#kknundip #p2kknundip #lppmundip #undip


Tuliskan Komentar anda dari account Facebook
chat
chat